Begini Alur Rujukan dan Manfaat JKN Mobile, yuk simak
Selasa, 14 Desember 2021 telah dilaksanakan Penyuluhan Dalam Gedung oleh Perawat di Ruang Tunggu Pendaftaran. Petugas menjelaskan tentang alur Rujukan BPJS bagi pasien yang memerlukan rujukan dan tentang penggunaan fasilitas online yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan yaitu Aplikasi Mobile JKN.
Petugas menjelaskan tentang Alur rujukan bagi pasien, yaitu dengan membawa pasien yang memerlukan rujukan lalu didiagnosa oleh petugas dan dari pemeriksaan tersebut dapat disimpulkan apakah dapat dirujuk atau tidak. Petugas menekankan bahwa tidak semua pasien yang ingin dirujuk dapat diberikan surat rujukan, dikarenakan berbagai syarat, hasil pemeriksaan dan ketentuan untuk merujuk. Hal ini dikarenakan masih adanya masyarakat yang merasa dipersulit dalam mencari rujukan, sedangkan petugas sudah melakukan pelayanan sesuai prosedur.
Selanjutnya petugas mensosialisasikan bagi peserta BPJS untuk mendownload Mobile JKN melalui Playstore, aplikasi ini diberikan BPJS guna mempermudah pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan. Mobile JKN itu satu aplikasi namun punya segudang manfaat, sebab JKN bisa mengakses banyak layanan, misalnya mengecek tunggakan, pindah faskes, cek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, skrining kesehatan secara mandiri. Apabila pasien ingin melakukan periksa di FKTP (misalnya Rumah Sakit), JKN adalah solusi tepat dan tidak ribet dalam mengambil nomor antrian di FKTP, caranya yaitu dengan membuka aplikasi mobile JKN di Smartphone lalu mengambil nomor antrian di FKTP yang terdaftar dan pasien tidak perlu lagi mengantre lama atau menunggu lama untuk dapat dilayani di FKTP tersebut. Tidak hanya itu pasien dapat berobat ke FKTP dengan menggunakan kartu digital yang ada di aplikasi Mobile JKN. Inovasi baru yang diluncurkan oleh BPJS kesehatan ini diharapkan mampu menjawab tantangan teknologi akan kebutuhan informasi dan pelayanan kesehatan berbasis digitalisasi.